Tentang Siabah Jawara

Pemerintah Kabupaten Subang saat ini telah siap untuk melayani usulan Hibah dan Bansos masyarakat melalui sistem aplikasi berbasis online dengan nama “Si Abah Jawara” atau Sistem Aplikasi Hibah & Bansos. Aplikasi yang digagas Dinas Komunikasi & Informatika serta Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang ini selaras dengan perwujudan Visi “KABUPATEN SUBANG YANG BERSIH, MAJU, SEJAHTERA DAN BERKARAKTER” dan Misi I yakni MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH DARI KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME, TERBUKA, SERTA PELAYANAN MASYARAKAT.

“Si Abah Jawara” merupakan bentuk respon Pemerintah Daerah terhadap Rekomendasi Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (KORSUPGAH) KPK untuk melakukan perencanaan dan penganggaran yang berbasis elektronik dan salah satunya adalah Aplikasi Hibah Bansos. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan penganggaran Hibah dan Bansos di perubahan anggaran dan pada tahun 2020 memiliki kualitas yang lebih baik dari tahun sebelumnya, dan dapat dijalankan sesuai aturan serta sesuai rencana sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Kabupaten Subang.

Sistem Aplikasi Hibah & Bansos “Si Abah Jawara”, disusun mengacu kepada Peraturan Bupati Subang nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Bupati Subang Subang nomor 6 tahun 2013 tentang Pengelolaan Belanja Hibah dan Belanja Bansos Kabupaten Subang.

Sebagaimana tercantum dalam regulasi diatas, usulan Hibah dan Bansos tersebut dibatasi waktu. Khusus untuk usulan ke Tahun Anggaran 2020 dibatasi sampai akhir bulan Mei 2019 dan untuk usulan ke Perubahan Anggaran tahun 2019 dibatasi sampai akhir bulan Juni 2019.

img description

Apa yang Siabah Jawara Wujudkan?

Bantuan Hibah merupakan pemberian dari pemerintah daerah kepada pemerintah atau pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, badan, lembaga, dan organisasi kemasyarakatan, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.

Sedangkan Bansos merupakan pemberian bantuan dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/ atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.

img description

Tahapan Siabah Jawara

Setiap masyarakat atau organisasi di Kabupaten Subang yang ingin mengajukan proposal hibah bansos melalui Siabah Jawara cukup mendaftarkan melalui aplikasi, setelah itu Pemerintah Kabupaten Subang akan memverifikasi. Tahapan verifikasi selengkapnya sebagai berikut:

  1. TU Pimpinan akan memverifikasi kelengkapan proposal dan dokumen pendukung proposal tersebut
  2. Bupati/ Wakil Bupati melalui Asda akan memverifikasi proposal tersebut dan mendisposisi proposal kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait
  3. SKPD terkait akan memeriksa proposal tersebut dan memberikan rekomendasi besaran dana yang diusulkan untuk diberikan
  4. TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) akan memeriksa usulan dana dari SKPD dan tim pertimbangan untuk kemudian memberikan rekomendasi final dana yang akan diberikan. Selanjutnya, seluruh proposal yang diberikan rekomendasi dana akan dikumpulkan dalam dokumen Daftar Nominatif Calon Penerima Belanja Hibah (DNC PBH)
  5. Bupati/wakil Bupati akan memeriksa DNC PBH. Apabila disetujui maka proposal-proposal yang termasuk dalam DNC PBH tersebut siap disalurka

 

CATATAN PENTING :

  1. Disarankan untuk menggunakan Browser Chrome untuk optimalisasi upload dokumen persyaratan (tidak disarankan menggunakan mozilla firefox, Opera, ataupun IE)
  2. Untuk mengupload dokumen dari Smartphone berbasis android, proses scanning dokumen-dokumen dapat memanfaatkan aplikasi scanner berbasis android. Simak rekomendasi aplikasinya di SINI  atau dapat langsung download di SINI
  3. Apabila memiliki usulan, perbaikan atau ide untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan aplikasi Siabah, mohon untuk melayangkan melalui helpdesk aplikasi Siabah

 

img description